Burung Bangau atau Bango

Burung Bangau atau disebutkan bango ialah panggilan untuk burung dari keluarga Ciconiidae. Tubuh memiliki ukuran besar, berkaki panjang, berleher panjang tetapi lebih pendek dari burung Kuntul, dan memiliki paruh yang besar, kuat dan tebal.

Bangau dapat ditemui di wilayah beriklim hangat. Komunitas di wilayah yang lebih kering dibanding burung Kuntul dan Ibis. Makanan berbentuk Katak, ikan, serangga, cacing, burung kecil dan mamalia kecil dari tempat basah dan pantai.

Bangau tidak mempunyai organ suara syrinx hingga tidak bernada. Paruh yang diadu dengan pasangannya sebagai langkah berbicara gantikan suara panggilan.

Bangau sebagai burung pantai migran, terbang jauh dengan melayang-layang manfaatkan arus udara panas hingga bisa mengirit tenaga. Photo burung Bangau yang terbang oleh Ottomar Ansch├╝tz (1884) jadi ide Otto Lilienthal untuk membikin glider yang dipakai untuk terbang layang di akhir era ke-19.

Bangau sebagai burung yang berat dengan bentang sayap yang lebar. Spesies Leptoptilos crumeniferus dari Afrika memiliki rantang sayap 3,2 mtr., hingga dipanggil sebagai “burung darat dengan bentang sayap paling panjang di dunia” bersaingan dengan burung Kondor dari Pegunungan Andes

Sarang dipakai untuk sekian tahun, memiliki ukuran besar sekali, diameter sampai 2 mtr.. dan kedalaman sarang 3 mtr.. Bangau pernah disangka monogami, tapi rupanya tidak selamanya betul. Bangau condong setia pada sarang dan pasangannya, tapi mungkin saja ganti pasangan setelah migrasi atau pergi lakukan migrasi tanpa didampingi pasangannya.

Tubuh yang memiliki ukuran besar, memiliki sifat monogami, dan kesetiaan pada tempat bersarang jadikan burung Bangau kerap jadi lambang pembawa kebahagiaan di dalam ada banyak kebudayaan dan mitologi.

Ukuran bangau bervariatif, dimulai dari marabou yang mempunyai tinggi 152 cm dan berat 8,9 kg sampai bangau Abdim, dengan tinggi cuma 75 cm dengan berat cuma 1,3 kg. Hewan ini mempunyai dimorfisme seksual dalam ukuran, di mana jantan semakin besar sampai 15% dari betina di sejumlah spesies (misalkan bangau paruh pelana), tetapi nyaris tidak ada ketidaksamaan berbentuk fisik. Bedanya cuma ada pada warna irislah mata ke-2 spesies pada genus Ephippiorhynchus.

Spesies Burung Bangau atau Bango

  • Genus Mycteria
  1. Bangau Bluwok atau Wilwo (Mycteria cinerea)
  2. Yellow-billed Stork (Mycteria ibis)
  3. Painted Stork ( Mycteria leucocephala)
  4. Wood Stork (Mycteria americana)
  • Genus Anastomus
  1. Asian Openbill Stork (Anastomus oscitans)
  2. African Openbill Stork (Anastomus lamelligerus)
  • Genus Ciconia
  1. Bangau hitam, Ndao atau Bangau Sandang-lawe ( Ciconia episcopus)
  2. Bangau Rimba Rawa, Bangau storm (Ciconia stormi)
  3. Abdim’s Stork (Ciconia abdimii)
  4. Maguari Stork (Ciconia maguari)
  5. Oriental White Stork (Ciconia boyciana)
  6. White Stork (Ciconia ciconia)
  7. Black Stork (Ciconia nigra)
  • Genus Ephippiorhynchus
  1. Black-necked Stork (Ephippiorhynchus asiaticus)
  2. Saddle-billed Stork ( Ephippiorhynchus senegalensis)
  • Genus Jabiru
  1. Jabiru (Jabiru mycteria)
  2. Genus Leptoptilos
  3. Bangau Tongtong atau Jenggot Solah (Leptoptilos javanicus)
  4. Greater Adjutant ( Leptoptilos dubius)
  5. Marabou Stork (Leptoptilos crumeniferus)

Simbol Burung Bangau atau Bango

Bangau warna putih (Ciconia ciconia) ialah simbol kota Den Haag di Belanda dan simbol tidak sah negara Polandia yang mempunyai 25 % dari keseluruhnya tipe Bangau.

Dalam kebudayaan Barat, burung Bangau dipakai sebagai simbol kelahiran bayi. Narasi mengenai kelahiran bayi yang diusung oleh burung bangau sebagai dongeng saat sebelum tidur dari negeri Belanda dan Jerman samping utara. Bangau yang bersarang di atap rumah dipercayai sebagai peruntungan dan penghuninya akan diberkahi kebahagiaan.

Di jaman Victoria, ketika pembicaraan berkenaan peranan reproduksi masih dipandang tabu, pertanyaan anak kecil mengenai asal mula kelahiran bayi dijawab dengan dongeng kehadiran bayi yang dibawa burung Bangau.

Dalam kebudayaan terkenal, burung Bangau kerap dilukiskan terbang bawa bayi beralas satu helai kain yang ujungnya terlilit dan digantung pada paruh. Di bibir atas, kelopak mata atas, dan sisi tengkuk bayi yang baru dilahirkan kerap ditemui bintik warna merah jambu kemerahan yang dipercayai sebagai sisa capitan paruh burung Bangau. Bintik ini disebutkan salmon patch yang disebut pertanda lahir vaskuler yang hendak lenyap sendiri.

Daftar judi online deposit pulsa di agen TernakTG slot Indonesia.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *